Minggu, 18 Juli 2010

Sekilas kuliah Ilmu Falak

Berkenalan dengan ilmu falak
Rabu, 14 juli 2010
Dosen pengampu : Ustadz Oman Faturrohman SW.
BUKU PEGANGAN ILMU FALAK
Ilmu Falak? Apa ya?
Ilmu Falak : ilmu yang bertalian dengan alam semesta. Bumi juga alam semesta lho.. dan termasuk benda langit
Ilmu falak = ilmu astronomi = ilmu al-haiah (ilmu yang m’pelajari gerak-gerik/ kondisi/ keadaan benda-benda langit) = ilmu al-mawaaqiit = ilmu hisab =kosmography = astronomi..
Falak adalah orbit/lintasan/tempat beredarnya benda-benda langit.
Di Indonesia, ilmu falak cenderung hanya untuk hal-hal yang bertalian dengan agama seperti penentuan arah kiblat, waktu sholat, awal bulan qamariyah, terjadinya gerhana.
Prends, jangan takut dengan ilmu falak ya.. walaupun sulit mempelajarinya tapi kita harus mempelajarinya karena kita hidup dialam semesta dan Allah juga sudah memerintahkannya dalam Al-Qur’an. Kita wajib sholat dengan tuntunan, seperti menghadap ka’bah, masuk waktu sholat berarti kita kan harus tahu tentang itu semua. Kalau tak ada orang yang menghitung dan menginformasikan waktu sholat lalu kapan kita sholat dan menghadap ke mana kita sholat? Masa mau ngawur,, ntar malah nggak sah piye?
Dalam pertemuan perdana ini, beliau menceritakan bahwa mempelajari ilmu itu butuh minat dan kesukaan. Tak boleh benci dengan pelajaran yang kita akan pelajari. Nah, ilmu falak dalam m’pelajari ilmu falak ini katanya ada kesulitan yang harus kita persiapkan biar nggak kaget.
1. Ilmu ini tidak dapat dipelajari oleh orang yang komersil, why? Soalnya dengan penelitian lama, yang menguras waktu, tenaga dan fikiran kita hanya dapat menuliskan dalam selembar kertas dan penghargaan ucapan terimakasih saja maka kita harus benar-benar ikhlas dan tanpa pamrih. Yakinlah bahwa Allah yang akan membalas saja OK!!
2. Pengetahuan harus menyeluruh,, ada beberapa yang harus kuasai ketika kita mempelajari ilmu falak ini, diantaranya :
 Harus tau tafsir Al-Qur’an dan syarah hadits dan ilmu ushul fiqh alias PAHAM SYARI’AH,, nah kunci itu semua adalah bisa B. Arab kan..
 Ilmu Astronomi (Fisika, geografi)
 Ilmu ngukur bola (spericel geometry)
 Ketrampilan teknologi seperti kalkulator, computer, dll.
3. Belajar ini butuh kesabaran, ketekunan serta ketelitian yang sangat. Jangan mudah bosanm karena semua harus cermat. Salah dikit, fatal akibatnya
4. Tidak boleh terputus belajarnya. Maka fahami betul-betul per BABnya agar bisa melanjutkan pelajaran.

Nah,, wat apa to kita pelajari??
1. Menentukan arah kiblat
2. Menentukan awal waktu sholat
3. Menentukan awal bulan qamariyah
4. Menentukan gerhana matahari maupun bulan, kan ada sholat gerhana. Kapan terjadinya kan harus diprediksikan,,
Pesan beliau adalah, jangan pernah merasa tak bisa. Jangan takut salah, karena salah itu biasa. Salah sekali jika diungkapkan maka akan menjadi sebuah koreksian sehingga kedaepannya tak akan pernah mengulangi kesalahan tapi jika salah tapi tetap dipendam dalam hati maka akan menjadi kesalahan abadi dan tak pernah ada orang yang membenarkan. Jadi bertanyalah karena ]itu akan sangat membantu. Jangan takut kalo pertanyaan kita tak bernilai karena remeh nggaknya pertanyaan tergantung kebutuhan kita. Walau remeh namun kita tak tahu maka harus dijawab oleh si penjawab karena tak boleh menyembunyikan ilmu kan…
Kenalan sama ustadz oman yuk…
Beliau tinggal di Pilahan Kidul KotaGedhe (KG) I/869. Gang kendalisodo, dekat dengan TK Nyai Ahmad Dahlan.
No telp rumahnya (0274) 384777 dan hpnya 0818463537
Belajarlah dengan sungguh-sungguh dan jangan pernah berhenti belajar dan menyebarkan ilmu karena semua akan Allah ganti dengan yang lebih baik. Jangan pernah merasa tak mampu, jujur pada kemampuan diri. Kunci kesuksesan adalah keyakinan hati yang diikuti dengan semangat untuk terus mencari. tidak diikuti dengan sogokan atau jalan terlarang,,,, selamat mempelajari ilmu falak. Minimal kita dapat tentukan arah kiblat…

2 komentar:

  1. ni pelajaran falak di cantumin di blog ya...hee.
    baguuss.....dilanjud deh.
    yang mata kliah lain juga,,,tafsir,,,qowaid juga dll,,hee

    BalasHapus
  2. Ilmu falak itu sanagt menyenangkan

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...