Kamis, 07 Juni 2012

Manfaatkan Aplikasi onenote


Aplikasi biasa menjadi Luar Biasa
NOTEBOOK KURANG LENGKAP TANPA APLIKASI ONENOTE
Seringkali aku merasa iri dengan berbagai aplikasi notebook teman yang keren and nggak ketinggalan zaman. Tapi semua rasa itu harus segera kutepis, karena aku juga harus bersyukur dengan apa yang ada sekarang. Karena yang terpenting adalah memanfaatkan aplikasi yang telah kita punya, dan bukan sekedar ajang keren-kerenan. ^_^. Terserah mereka akan berkata apa...
Notebook tanpa onenote kurasa kurang lengkap, mengapa? Ibarat notebook adalah sebuah perpustakaan, maka aplikasi onenote adalah almari yang menyimpan berbagai buku dengan susunan yang tertata rapi. Data-data yang terdapat di dalam one note adalah materi-materi penting, yang bila sewaktu-waktu dibutuhkan maka dengan mudah ia akan menemukannya. Begitulah gambaran umum aplikasi onenote. Atau lebih sederhananya adalah seperti gambar berikut ini:
 
Aplikasi ini seperti buku tersebut, didalam buku agenda tersebut terdapat beberapa bab, dan tiap bab memiliki sub bab yang banyak. Untuk mudah mengingatnya, maka seharusnya penempatan sub bab tersebut adalah pada bab yang benar.
Ada beberapa keuntungan yang telah saya dapatkan dari aplikasi ini, diantaranya adalah:
  1. Data akan tetap tersimpan dengan baik, karena aplikasi ini tidak perlu disimpan (save) secara manual tetapi telah otomatis tersimpan. Apalagi komputer yang saya gunakan harus selalu tersambung dengan listrik, dan terkadang listrik mati secara tiba-tiba sehingga kini saya tak lagi was-was jika menulis data penting di onenote.
  2. Materi apa saja yang telah kita punya namun masih berantakan tempat penyimpanannya dapat segera ter-cover dengan baik dalam data tertentu.
  3. Data-data pribadi pun dapat kita simpan dengan aman, karena aplikasi ini memberikan pilihan password. Namun harus kita ingat passwordnya itu, karena jika tidak maka onenote tak dapat membukanya selama password yang dimasukkan salah.
  4. Membantu para pelajar untuk menuliskan pelajarannya. Selain itu, jika sedang malas menulis maka dapat merekam suara, atau bahkan video. Dan jika ada data-data lain yang berkaitan dengan pelajaran tersebut maka dapat disatukan di dalamnya sehingga tak perlu mencari-cari lagi jika sewaktu-waktu ingin mempelajarinya.
  5. Dan masih banyak lagi aplikasi-aplikasi yang lainnya.
So, mari kita manfaatkan aplikasi sederhana ini menjadi aplikasi yang fungsional dengan baik dan maksimal... Selamat mencoba!!! ^_^

Langkah Praktis Memanfaatkan Aplikasi Onenote :
  1. Carilah aplikasi onenote dalam START dengan nama microsoft office onenote. Klik
  2. Untuk membuat notebook baru, maka pilih file new notebook (tulislah dengan nama yang anda inginkan, misalnya jika notebook ini akan anda isi dengan berbagai mata kuliah maka tulislah Mata Kuliah,dll)
  3. Lalu buatlah section-section dalam notebook tersebut. caranya dengan pilih file new section (section itu ibarat nama mata kuliahnya, misalnya matematika, bahasa Inggris, dll).
  4. jika langkah-langkah di atas telah anda buat, maka silahkan tuliskan segala hal yang ingin anda tuliskan.
  5. Jika ingin memilih background, maka pilih format template pilihlah yang anda butuhkan (academic, blank, business, decorative, planners)
  6. Jika ingin membuat tabel, maka pilih table insert table, tapi jika ingin praktis maka tekan TAB saja dapat membentuk tabel.
  7. Jika ingin meng-kliping dari ms word atau internet explorer, maka cukup dengan memilih insert screen cliping, maka anda dapat memotong bagian yang anda butuhkan. Namun perlu diingat, anda harus terlebih dahulu membuka data yang ingin anda kliping.
  8. Jika anda membutuhkan data yang berhubungan dan ingin menyatukan data tersebut dalam tulisan anda, maka pilih insert files... (tampilannya seperti dalam penyimpanan folder). Jika ingin memasukkan data secara terbuka (langsung bisa anda baca), maka pilih insert files as prinout.
  9. Jika anda tidak ingin tulisan anda dibaca orang lain, maka buatlah password untuk melindungi privasi anda. Caranya adalah pilih file password protect this section. Setiap kali anda ingin membacanya, maka anda harus ingat passwordnya. Karena jika anda lupa, maka onenote tidak dapat membantu membukanya, tetapi ia akan tersimpan di dalamnya.
  10. Jika ingin mencari sesuatu yang pernah anda tulis, maka tekan ctrl + F lalu ketiklah kata yang berkaitan, lalu find.
  11. Jika anda ingin membuat planning, dan membutuhkan simbol-simbol bendera maka pilihlah insert outlook task pilih bendera sesuai dengan waktu kegiatannya (hari ini/ besok/ dst). Praktisnya, dengan menekan ctrl + shift + 1 (today), ctrl + shift + 2 (tomorrow), dst.
  12. Jika anda ingin memindahkan tulisan dari onenote ke ms word maka pilihlah file send to microsoft office word.
  13. Dan masih banyak lagi langkah yang dapat dilakukan dalam memanfaatkan one note.
Feature lain yang dapat dimanfaatkan dalam onenote...
On the road

Meetings

Office Integration

Researching a topic

Using Tablet PC - if you have one

Staying organized

Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut?.... klik link ini:

Oleh: Rizqi Nurjannah  (7 Juni 2012)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...